Arlifau - • Penikmat Kopi • Pecinta Senja • Pecandu Rindu •

Arlifau Update terkini
install bluetooth di laptop yang tidak ada bluetooth bawaan

Cara Memasang Bluetooth di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya

Bluetooth adalah salah satu perangkat yang digunakan oleh banyak orang, untuk menghubungkan perangkat yang dimilikinya. Bahkan Bluetooth ini digunakan untuk menghubungkan perangkat yang kamu miliki.

Mulai dari smartphone, laptop hingga komputer dan perangkat lainnya. Bluetooth dinilai lebih efisien dan juga praktis, bahkan mudah untuk digunakan.

Hmm, tapi gimana kalo laptop saya ngga ada bluetoothnya? tenang di artikel ini akan dibahas secara lengkap cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya.

Mengetahui Laptop Ada Bluetooth atau Tidak

1. Laptop windows

Cara Mengetahui Laptop Ada Bluetooth atau Tidak pada Laptop Windows
  • Bukalah menu start, lalu klik logo windows yang berada di bagian pojok kiri bawah layar.
  • Buka program device manager, lalu klik menu start, nantinya jendela dari device manager akan muncul.
  • Carilah opsi pilihan Bluetooth, opsi ini akan terletak di bagian atas jendela. Jika kamu melihatnya, maka dipastikan bahwa laptop yang kamu miliki sudah memiliki Bluetooth.


2. Laptop Mac

Cara Mengetahui Laptop Ada Bluetooth atau Tidak pada Laptop Mac
  • Bukalah menu apple yang tersedia, nantinya menu drop down akan langsung di tampilkan.
  • Klik pilihan about this Mac, nantinya menu tersebut akan di tampilkan setelahnya.
  • Klik pilihan sistem report, pilihan ini akan terletak di bagian bawah pada opsi sebelumnya yaitu about this Mac. Pilih pilihan Hardware, lalu carilah nama bluetooth. Pilihan ini digunakan dimana kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth yang kamu akan gunakan.
  • Jika kamu menemukan pilihan ini, maka sudah dipastikan bahwa laptop kamu memiliki Bluetooth.

Nah, kalo kamu ga nemuin pilihan bluetooth, maka memang bisa dipastikan laptop kamu tidak memiliki fitur bluetooth.

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin agar bisa menggunakan fitur bluetooth.


Cara Mudah Memasang Bluetooth Pada Laptop yang Tidak ada Bluetooth

1. Pasang di motherboard

Memasang Bluetooth Pada Bagian Motherboard Laptop

Salah satu cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada Bluetooth nya, adalah dengan menggunakan perangkat tambahan Bluetooth yang dapat kamu letakan di bagian dalam motherboard milik laptop.

Cara ini adalah salah satu cara yang mungkin cukup berisiko, namun berhasil.

Kamu harus mengetahui dengan pasti, bagaimana untuk memasang perangkat Bluetooth ini.

Hal ini dikarenakan, jika kamu salah dalam menghubungkan perangkat tersebut, maka justru akan mengakibatkan kerusakan yang akan terjadi pada motherboard laptop yang kamu miliki.

Berhati-hatilah dalam melakukan pemasangan ini!

Walaupun cukup berisiko, namun cara ini juga memiliki keunggulan, perangkat Bluetooth lebih fleksibel dibandingkan cara lain.

Untuk kamu yang memiliki cara ini, pastinya kamu akan bisa membawa ke mana saja, perangkat Bluetooth yang ada di motherboard laptop kamu. Bluetooth sudah tertanam dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kecocokan, antara perangkat keras Bluetooth dengan motherboard yang kamu miliki.

Apabila ternyata perangkat tersebut tidak memiliki kecocokan, maka kamu tidak akan bisa untuk menggunakan perangkat keras Bluetooth tersebut dengan baik.

Kamu bisa melakukan pemasangan sendiri, atau menggunakan bantuan jasa pelayanan komponen laptop. Mungkin untuk kamu yang masih takut dengan risiko yang ada, bisa meminta bantuan jasa service laptop.

2. Pakai Dongle Bluetooth

Memasang Bluetooth Menggunakan Dongle Bluetooth

Cara kedua yang dapat kamu lakukan, untuk melakukan pemasangan Bluetooth di laptop adalah dengan memasang Bluetooth dongle.

Perangkat ini dapat dengan mudah kamu dapatkan, karena sudah banyak di jual di toko peralatan khusus komputer.

Jika kamu belum mengetahui apa Bluetooth dongle, perangkat ini memang digunakan untuk menginstall perangkat Bluetooth.

Dengan bantuan koneksi USB layaknya pada dongle Wifi ataupun dongle lainnya. Untuk perangkat dongle ini, memang cenderung sangat mudah dipasang maupun untuk digunakan.

Hal ini juga yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan dongle Bluetooth. Dongle Bluetooth ini memilikisifat plug-n-play.

Artinya, kamu hanya dapat digunakan saat kamu membawa perangkat USB ke manapun kamu berada untuk menggunakan Bluetooth.

Hal ini tentu dinilai merepotkan untuk sebagian orang, namun membantu untuk ingin menggunakan Bluetooth.

Banyak orang, yang tidak memiliki koneksi di laptopnya memilih untuk menggunakan bantuan dongle Bluetooth ini. Banyak orang yang merasakan kemudahannya.

Dengan risiko yang rendah baik saat pemasangan maupun saat penggunaan dari perangkat dongle sendiri. Keunggulan yang paling utama juga adalah fleksibilitas, kamu dapat menggunakan Bluetooth dimana saja.

Untuk kamu yang ingin memiliki koneksi Bluetooth di laptop dengan cara yang praktis dan juga minim risiko, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan cara yang satu ini.

Jangan lupa untuk selalu memilih perangkat dongle yang akan kamu install, karena sudah banyak dongle yang dijual dengan kualitas kurang bagus.

3. Install driver dan perangkat pendukung

Memasang Bluetooth Dengan Menginstall driver dan perangkat pendukung

Cara ketiga untuk kamu yang ingin menginstall Bluetooth, dapat melakukan installasi driver dan juga beberapa perangkat pendukung lainnya.

Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan dan menggunakanm fitur Bluetooth di laptop. Penggunaan driver dan juga perangkat pendukung inii, biasanya memang sangat dibutuhkan walaupun kamu tidak menggunakan dongle dan lainnya.

Hal ini dikarenakan, komunikasi yang dimiliki oleh perangkat keras dari Bluetooth sendiri, dapat berjalan dengan sempurna dengan system oprerasi yang kamu gunakan.

Hal ini juga dikarenakan driver yang ada cocok dengan system operasi yang dimiliki. Untuk melakukan penginstallan driver, kamu membutuhkan installasi.

Cara installasi tersebut juga tidak sulit, kamu tinggal mengklik dua kali, pada file exe yang ada dan memang sudah disediakan oleh perusahaan dongle atau perangkat Bluetooth apapun yang kamu gunakan.

Memang untuk beberapa system operasi, akan melakukan installasi dengan sendirinya dan dapat terinstall dengan sempurna juga siap untuk digunakan.

4. Bluetooth USB

Memasang Bluetooth Dengan Menggunakan USB Bluetooth

Menggunakan salah satu bantaun Bluetooth USB, adalah salah satu cara untuk melakukan pemasangan bluetooth. Namun tidak semua laptop memiliki salah satu fitiur Bluetooth built in.

Jika kamu memiliki laptop yang tidak memiliki fitur Bluetooth dan juga tidak memiliki tombol F1 dan juga F12, maka kamu dapat menggunakan cara yang satu ini.

Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan pemasangan Bluetooth adalah dengan memasang atau menggunakan Bluetooth USB, caranya yaitu hanya dengan menyolok port USB yang tersedia di laptop kamu.

Nantinya bentuk Bluetooth USB ini memang memiliki kemiripan dengan flashdisk. Untuk menggunakannya kamu tinggal memasang Bluetooth USB ini.

Memang memiliki bentuk seperti flashdisk, namun perbedaannya adalah dengan antenna receiver yang dimilikinya. Hal ini adalah koneksi sinyal dimana akan memudahkan kamu untuk menggunakan Bluetooth.

Kamu bisa menggunakan Bluetooth ini, seperti penggunaan laptop yang memang memiliki fitur Bluetooth pada umumnya.

Itulah beberapa cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya. Kamu bisa memilih salah satu cara termudah, dan pastinya dapat berfungsi dengan baik di laptop yang kamu gunakan.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan, atau meminta bantuan layanan service laptop untuk mendapatkan perangkkat tambahan yang diinginkan. Perlu diingat untuk memastikan kecocokan perangkat dengan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *