Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Kadang kamu berubah pikiran dalam beli barang dan pengin membatalkan pesanan kamu.

Bisa jadi karena gak cocok, udah gak butuh dan lain-lain.

Kamu mau membatalkan pesanan? Bisa gak sih? Bisa kok cuy, makanya skuy simak penjelasannya di bawah ini.

Kebijakan Shopee Sama Keaslian Barang yang Dijual Penjual

Kebijakan Shopee Sama Keaslian Barang yang Dijual Penjual

Shopee punya beberapa kebijakan buat para penjual yang pengin menjual produk mereka di Shopee, seperti:

  • Semua produk yang udah didaftarkan di Shopee harus 100% asli.
  • Produk palsu yang meniru, mengecoh dan meniru produk lain dilarang dijual di Shopee.
  • Penggunaan foto buat produk yang dijual harus memuat merek dagang dari produk tersebut.
  • Kalo penjual gak bisa memberikan bukti keaslian dari produk tersebut, maka penjual bersedia dan harus:
  • Berani bertanggung jawab buat mengganti kerugian yang dialami Shopee.
  • Menerima pengembalian produk dari si pembeli.
  • Harus mengembalikan dana pada pembeli sebesar dua kali lipat dari jumlah dana yang udah ditransfer pembeli via Shopee.

 

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Dibawah ini cara membatalkan pesanan di Shopee yang dimana kamu udah trasnfer, tapi stok barang kosong jadi penjual gak bisa mengirim barang.

Caranya:

Cara ke-1 Membatalkan Pesanan di Shopee

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee yang udah ada di HP kamu.
  2. Kemudian, kamu buka rincian pesanan di menu Saya dan klik Dikemas.
  3. Setelah itu, kamu pilih kolom Batalkan Pesanan.
  4. Lalu, kamu pilih alasan pembatalan misalnya atas permintaan penjual. Kemudian, kamu klik Konfirmasi.
  5. Selanjutnya, kamu tunggu respon dari si penjual dalam waktu kurang lebihnya 1 x 24 jam.
  6. Terakhir, kalo pembatalan berhasil. Maka transaksi tersebut akan masuk ke tab Batal dan dana akan masuk ke Shopeepay dan bisa di cairkan ke rekening bank kamu. Jadi, bisa buat belanja di Shopee lagi deh.

 

Cara Mengajukan Refund (Pengembalian Dana) di Shopee

Cara Mengajukan Refund (Pengembalian Dana) di Shopee

Setelah dana yang kamu transfer buat pemesanan barang yang berhasil di batalkan masuk ke Dompet Shopee maka kamu bisa mengajukan refund / pengembalian dana.

Dimana kredit dalam dompet Shopee ditransfer ke Rekening bank.

Caranya:

  • Pertama, download Aplikasi Shopee di Play Store yang ada di HP kamu.
  • Kedua, kamu buka Aplikasi dan Login pakai akun kamu sendiri.
  • Ketiga, pilih menu SayaPilih Pengaturan Akun Saya.

Cara ke-1 Mengajukan Refund (Pengembalian Dana) di Shopee

  • Keempat, Pilih Rek Bank dan kamu masukan nomor rekening kamu dengan benar.

Cara ke-2 Mengajukan Refund (Pengembalian Dana) di Shopee

  • Kelima, kamu kembali ke Menu Saya dan pilih Dompet Shopee.
  • Keenam, kamu pilih Tarik Dana. Lalu, masukkan jumlah dana yang ditarik ke rekening bank kamu.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi pengembalian dana. Dana akan masuk ke Rekening kamu dalam waktu 2 x 24 jam.
  • Terakhir, dana tersebut tanpa ada potongan biaya sama sekali.

 


CATATAN:

  • Pembatalan pesanan Shopee yang udah dibayar sebaiknya cuma dilakukan kalo penjual memintanya, contohnya karena stok udah gak ada atau gak bisa memproses pesanan kamu.
  • Kalo penjual udah terlanjur mengirim barang dan udah input resi, kemungkinan besar permintaan pembatalan yang kamu ajukan akan ditolak.
  • Pembatalan setelah lebih dari 1 jam setelah pembayaran terverifikasi akan membutuhkan respon penjual, jadi sebaiknya setelah klik Batalkan pesanan segera shat penjual agar segera cepat di proses cuy.

Gimana? Mudah kan, semoga bisa membantu cuy 😀

Yugi Al

Seorang Web Dev. dan Praktisi SEO yang berpengalaman selama 5 tahun.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

       

Tinggalkan komentar