Cara Sharing Printer Windows 10

Jadi, Sharing Printer tuh buat menghubungkan satu printer dengan beberapa PC/Laptop lain didalam sebuah jaringan.

Dengan menerapkan cara sharing printer ini, kamu bisa hemat uang dan tempat. Karena, gak perlu menyiapkan printer buat setiap PC.

Beberapa cara sharing printer yang biasa dipakai yaitu menggunakan LAN dan WiFi. Cara ini bisa dipakai di Windows 7, 8 dan 10 karena caranya gak beda jauh.


 

1. Cara Sharing Printer di Windows

Nah, sebelum itu kamu perlu melakukan beberapa pengaturan di PC/Laptop Windows kamu yang udah terhubung dengan printer.

Caranya:

  • Pertama, buka Windows Run dengan ketik Windows + R.
  • Kemudian, kamu ketik Control Panel dan klik Enter atau Ok.

Cara ke-1 Sharing Printer di Windows

  • Lalu, kamu perlu mengaktifkan File and printer sharing dengan cara masuk ke menu Network and Internet di menu Control Panel.

Cara ke-2 Sharing Printer di Windows

  • Selanjutnya, kamu cari dan klik Network and Sharing Center.

Cara ke-3 Sharing Printer di Windows

  • Setelah itu, klik menu Change advanced sharing settings.

Cara ke-4 Sharing Printer di Windows

  • Lalu buat sharing printer atau file, aktifkan pilihannya dengan cara pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing.

Cara ke-5 Sharing Printer di Windows

  • Kemudian, kamu pilih Turn off password protected sharing dan klik Save Change buat menyimpan pengaturan.

Cara ke-6 Sharing Printer di Windows

  • Selanjutnya, buka menu utama Control Panel kamu pilih Harware and Sound.

Cara ke-8 Sharing Printer di Windows

  • Setelah itu, kamu pilih View devices and printers.

Cara ke-9 Sharing Printer di Windows

  • Berikutnya, kamu klik kanan di salah satu printer yang pengin dibagikan dan pilih Printer properties.

Cara ke-10 Sharing Printer di Windows

  • Terakhir, klik tab Sharing dan ceklist Share this printer buat membagikan akses printer, kamu bisa memberi nama printernya. Lalu, klik OK buat menyimpan.

Jadi, dengan menerapkan cara sharing printer. Kamu udah berhasil menghubungkan PC satu sama lain dalam satu jaringan yang sama cuy.


 

2. Cara Akses Printer yang Sudah Dishare

Nah, kalo kamu pengin PC lain mengakses Printer ysng dibagikan. Kamu perlu melakukan beberapa pengaturan sederhana di PC.

Caranya:

  • Pertama, kamu pastikan udah mengaktifkan menu Turn on Network Discovery dan Turn on File and Printer Sharing.
  • Kemudian, kamu klik Save Changes buat menyimpan pengaturan tersebut.

Cara ke-1 Akses Printer yang Sudah Dishare

  • Lalu, buat mengakses printer yang udah dibagi, bisa via File Explorer. Tekan Windows + E buat membukanya dan klik Network.

Cara ke-2 Akses Printer yang Sudah Dishare

  • Setelah itu, akan muncul nama PC/Laptop yang udah terhubung dengan Printer.
  • Lalu, kamu buka nama PC tersebut dan akan terlihat file yang dibagikan sama PC lain.

Cara ke-3 Akses Printer yang Sudah Dishare

  • Selanjutnya, klik kanan di printer dan kamu klik Connect tunggu sampai proses selesai.

Cara ke-4 Akses Printer yang Sudah Dishare

  • Terakhir, kamu udah bisa mengakses dan memakai printer yang udah disharing. Pastikan juga kamu pilih printer dengan kondisi Ready.

Cara ke-5 Akses Printer yang Sudah Dishare

Nah, itu diatas cara buat Sharing Printer di Windows 10 yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Semoga bisa membantu dan bermanfaat 😀

Yugi Al

Seorang Web Dev. dan Praktisi SEO yang berpengalaman selama 5 tahun.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

       

Tinggalkan komentar