Error Etax 40001

Kamu sering gak saat memakai aplikasi e-Faktur mengalami gangguan dalam koneksi jaringan?

Terus, gimana dong cara buat mengatasi masalah yang muncul tersebut? Buat kamu yang belum tau, yuk simak penjelasanku berikut ini.


Apa Itu Error Etax 40001?

Apa Itu Error Etax 40001

Error ETAX-40001 yaitu error yang terjadi pada aplikasi Faktur Pajak Elektronik (e-Faktur) dan mengakibatkan gak terhubungnya atau gak terkoneksinya antara aplikasi e-Faktur yang kamu miliki dengan server pajak.

Hal ini tentu akan menghambat Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam mengakses e-Faktur.

Biasanya, error ETAX-40001 ini menyebabkan PKP gak bisa upload faktur pajak keluaran ataupun faktur pajak masukan buat melakukan approval.

Jadi, status faktur pajak menjadi belum approval. Karena hal tersebut, faktur pajak belum sukses dimasukkan dan faktur pajak keluaran pun belum bisa dicetak.


 

Penyebab Error Etax 40001 e-Faktur

Penyebab Error Etax 40001 e-Faktur

Selain karena jaringan internet yang lemah atau lemot, berikut ini ada beberapa penyebab lain dari error ETAX-40001 e-Faktur.

  • Adanya masalah pada server ETaxInvoice pada aplikasi e-Faktur kamu.
  • Adanya virus pada PC/Laptop kamu.
  • Aplikasi yang dipakai bisa jadi terblokir sama firewall Windows atau antivirus bawaan PC/Laptop kamu.
  • Sertifikat elektronik yang udah kedaluwarsa.

Masalah – masalah di atas merupakan masalah yang umum dari penyebab terjadinya ETAX-40001 e-Faktur dan tentunya bisa kamu tangani dengan solusi di bawah ini.


 

Cara Mengatasi Error Etax 40001 e-Faktur

Cara Mengatasi Error Etax 40001 e-Faktur

Supaya kamu bisa memakai kembali aplikasi e-Faktur, berikut ini solusi dari masalah – masalah yang ada pada ulasan sebelumnya.

  1. Kalo masalah ada di koneksi internet yang lemah, maka kamu harus periksa kembali koneksi internet di PC/Laptop kamu. Apakah koneksi internet udah berjalan dengan baik/belum. Pastikan kalo sinyal internet yang kamu pakai gak lemot jadi berfungsi dengan maksimal.
  2. Kalo ada virus adware atau malware yang biasanya, bisa merusak program di PC/Laptop, maka yang perlu kamu lakukan tuh melakukan scan berkala di PC/Laptop kamu sebelum membuka aplikasi e-Faktur.
  3. Kalo aplikasi e-Faktur terblokir sama firewall Windows atau oleh antivirus yang kamu pakai, solusinya yaitu dengan klik turn off firewall windows atau antivirus dan coba operasikan aplikasi e-Faktur.
  4. Seperti yang udah dikatakan sebelumnya, salah satu penyebab terjadinya error ETAX-40001 e-Faktur karena sertifikat elektronik yang udah kedaluwarsa. Kalo itu yang jadi masalahnya, maka kamu perlu memperbarui sertifikat elektronik kamu dulu. Caranya, sama seperti saat kamu melakukan permintaan sertifikat elektronik buat pertama kalinya.

Sebenernya, cara buat mengatasi masalah tersebut tuh mudah banget dan gak ribet sama sekali cuy. Semoga bisa membantu 😀

Yugi Al

Seorang Web Dev. dan Praktisi SEO yang berpengalaman selama 5 tahun.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

       

Tinggalkan komentar