Cara Menonaktifkan Whatsapp

Brisik dan keganggu notifikasi WhatsApp? Pengin uninstall tapi kayanya males backup data?

Tenang aja sob, kamu bisa menonaktifkan WhatsApp dengan mudah dan pastinya aman. Gimana caranya? Skuy langsung simak aja.

Cara menonaktifkan Whatsapp sementara

Untuk dapat menonaktifkan aplikasi Whatsapp sementara, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi ketiga.

Caranya pun juga sangat mudah dan dapat di lakukan dengan aman. Kamu dapat memilih aplikasi bantuan mana, yang sekiranya akan kamu gunakan untuk menonaktifkan Whatsapp sementara.

Berikut ini adalah cara menonaktifkan Whatsapp sementara, menggunakan beberapa aplikasi:

1. Melalui aplikasi Greenify

  • Untuk kamu yang ingin menonaktifkan aplikasi Whatsapp yang kamu miliki dengan aplikasi Greenify, caranya juga sangat mudah. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan lupa untuk menginstall aplikasi Greenify di Google Play Store yang kamu miliki.

Install aplikasi Greenify pada playstore

  • Setelah selesai terinstall dengan baik, kamu dapat membuka aplikasi tersebut, lalu pilih my device is not rooted. Hal ini memberitahukan bahwa ponsel yang kamu miliki tidak di lakukan root sama sekali.

Device no root pada greenify

  • Selanjutnya berikan ijin akses aplikasi Greenify. Klik Grant permission lalu izinkan akses penggunaan pada aplikasi Greenify.

Beri akses pengguna pada aplikasi greenify

  • Selesaikan proses pengaturan setelah itu kamu akan masuk ke dalam tampilan awal aplikasi greenify. Klik tanda + pada pojok kanan bawah -> cari aplikasi WhatsApp dan klik -> tekan icon Zzz pada pojok kanan bawah.

konfigurasi greenify

Yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan aplikasi ini adalah, jangan lupa untuk mengaktifkan aksesibilitas dna juga akses data yang ada untuk menggunakan aplikasi ini di ponsel android yang kamu miliki.

Kamu bisa mengunjungi pengaturan, dan juga pilih aksesibilitas lalu lanjutkan ke bagian layanan untuk memberi ceklis pada aplikasi Greenify.

2. Melalui aplikasi Mobiwol

  • aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan, untuk menonaktifkan aplikasi Whatsapp yang kamu miliki adalah Mobiwol.
  • Aplikasi ini dapat kamu gunakan, setelah kamu melakukan penginstallan di Google Play Store yang ada di ponsel kamu.

Install aplikasi mobiwol-compressed

  • Selanjutnya, bukalah aplikasi Mobiwol yang ada. Nantinya mobiwol akan meminta akses, kamu bisa berikan akses.

Mobiwol meminta akses

  • Nantinya kamu akan melihat tampilan awal pada aplikasi ini. lalu temukan menu firewall status dimana terletak di sebelah kiri aplikasi ini. pilih menu On, lalu kamu sudah dapat menjalankan aplikasi ini untuk membantu menonaktifkan aplikasi Whatsapp yang digunakan. Setelah itu kamu buka firewall rules.

Nyalakan firewall dan klik firewall rules

  • carilah aplikasi Whatsapp yang ada. Aplikais tersebut akan berada di kolom pencaharian yang mana sudah di sediakan oleh aplikasi tersebut.

cari whatsapp pada aplikasi mobiwol

  • Jika kamu sudah menemukan aplikasi tersebut, maka kamu dapat memilih sebuah ikon wifi, lalu sinyal yang berwarna biru yang mana akan berada di sisi samping. Nantinya ikon tersebut akan berubah menjadi warna gelap.

Matikan icon sinyal dan wifi pada mobiwol

  • Dengan melakukan cara ini, kamu sudah berhasil untuk menonaktifkan aplikasi Whatsapp yang kamu miliki.

Dengan cara ini, Whatsapp yang kamu miliki sudah di non aktifkan. Namun jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, kamu dapat memilih dan mengubah menu Off menjadi On kembali.

3. Melalui pengaturan handphone

  • tanpa menggunakan aplikasi, kamu juga dapat membuat Whatsapp yang kamu miliki menjadi non aktif, hanya dengan lewat pengaturan yang ada.
  • Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan Whatsapp adalah dengan buka setelan, yang mana akan berada di ponsel yang anda miliki. Kamu bisa masuk ke bagian daftar aplikasi apa saja yang sudah terinstall, dengan nama menu aplikasi terinstall.

Masuk tab aplikasi pada pengaturan android

  • Dalam hal ini, selanjutnya yang dapat kamu lakukan adaalah, cari aplikasi Whatsapp yang ada lalu pilih aplikasi tersebut.

Cari WhatsAPp pada tab aplikasi android

  • Nantinya kamu akan langsung di arahkan ke halaman, dimana merupakan halaman untuk aplikasi Whatsapp. Pada bagian sebelah kiri, kamu akan menemukan tombol paksa berhenti. Kamu dapat langsung memilih pilihan tersebut dengan memilih menu Oke.

Paksa berhenti Whatsapp

  • Dengan cara ini, kamu sudah dapat menonaktifkan aplikasi Whatsapp yang kamu miliki dengan cara yang mudah, tanpa aplikasi apapun.

Cara menonaktifkan Whatsapp tanpa mematikan data

  • langkah pertama untuk menggunakan cara ini adalah, tutuplah aplikasi Whatsapp jika kamu masih menggunakannya.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu pengaturan pada ponsel yang kamu miliki, lalu pilihlah menu aplikasi yang sudah terinstall.

Masuk tab aplikasi pada pengaturan android

  • Nantinya akan muncul berbagai aplikasi yang ada dan sudah terpasang di ponsel kamu. Carilah aplikasi Whatsapp yang akan kamu nonaktifkan. Disini, kamu akan melakukan log out pada aplikasi tersebut.

Cari WhatsAPp pada tab aplikasi android

  • Nanti kamu akan menemukan tombol, atau pilihan paksa berhenti dimana nantinya aplikasi Whatsapp yang kamu gunakan akan langsung di non aktifkan untuk sementara waktu tanpa harus mematikan data internet yang kamu miliki.

Paksa berhenti Whatsapp

  • Namun jangan khawatir karena hal ini, kamu dapat menggunakan kembali aplikasi Whatsapp yang kamu inginkan secara otomatis.
  • Nantinya jika seseorang ingin mengirimkan kamu pesan, tanda yang akan terlihat oleh mereka adalah centang satu atau pending.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan Whatsapp, cara di atas terbukti ampuh dan kamu tidak perlu melakukan uninstall aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar